Ilmuwan ungkap asal bau tajam durian

– Para ilmuwan menjawab salah satu pertanyaan paling tajam di alam: Apa yang membuat buah paling dingin di dunia aroma yang tidak salah lagi?

Pada hari Senin, para ilmuwan di Singapura memetakan genom Durian, yang dikenal di seluruh Asia Tenggara karena aroma, rasa, dan kulitnya yang runcing, sebagai “raja buah-buahan”.

Mereka mengidentifikasi gen yang bertanggung jawab untuk senyawa bau, yang dikenal sebagai senyawa sulfur volatil, dan menemukan bahwa gen ini sangat aktif dalam buah durian yang matang dan menghasilkan bau yang tidak biasa.

“Bau durian telah digambarkan sebagai campuran bawang seperti belerang dengan nada manis buah dan sup hangat. Komponen utama dari bau durian adalah senyawa sulfur volatil (VSC), yang disebabkan oleh pembusukan, sejenis bawang, telur busuk, belerang dan bawang merah goreng ditandai, “kata ahli genetika Bin Tean Teh, wakil direktur National Cancer Centre di Singapura, pemimpin studi, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Genetics.

Tidak seperti spesies tanaman lain, yang biasanya memiliki satu atau dua salinan gen ini, spesies ini memiliki empat salinan, yang menunjukkan bahwa produksi VSC dalam buah durian sangat tinggi.

Para peneliti mengatakan bahwa bau ini bisa penting bagi durian di alam

untuk menarik perhatian hewan, memakannya, dan menyebarkan bijinya.

Para ilmuwan melacak genom musang Wieselkönig dan menemukan bahwa buah itu memiliki sekitar 46.000 gen, hampir dua kali lipat genom manusia.

Mereka mampu mengikuti perkembangan buah hingga 65 juta tahun yang lalu dan menemukan hubungan lama mereka dengan kakao, biji yang menghasilkan cokelat.

“Sebagian besar dari kita di Singapura tumbuh bersama dunia dan kita mengenalnya dengan sangat baik,” kata ahli genetika Patrick Tan, profesor di Duke-NUS Medical School di Singapura.

“Tetapi bahkan di keluarga yang sama, ada orang yang suka rasanya

, sementara yang lain hanya belajar untuk mentolerirnya, terutama selama musim durian,” katanya seperti dikutip kantor berita Reuters.

Mereka yang belum pernah mencoba durian membutuhkan kekuatan untuk melawan bau dan memakannya.

Durian dimakan segar, dimasak, difermentasi atau bagian dari permen, kue panggang dan makanan lainnya.

Peneliti mengatakan setidaknya ada 30 jenis durian lain, ada yang bisa dimakan,

ada yang tidak bisa dimakan, dan yang lain punya bentuk khusus. Beberapa dari mereka berbahaya.

Durian juga penting secara ekonomi karena, menurut para peneliti, Cina mengimpor nilai durian antara $ 600 juta dan $ 800 juta tahun lalu.