Sumber: caklus.com

Baca juga artikel lain di : http://linux.blog.gunadarma.ac.id/

Anemia merupakan penyakit yang mungkin sudah dikenal di kalangan masyarakat umum. Penyakit ini sering diderita oleh kebanyakan orang dan tentunya menjadi sangat familiar dengan gejala yang terjadi. Dilansir dari doktersehat.com anemia terjadi karean menurunnya sel darah merah atau hemoglobin. Menurut alodokter.com anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang. Penyebab dari penyakit ini salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Ketika orang-orang pada zaman sekarang lebih mementingkan pekerjaan dan tidak peduli pada kesehatan dapat membuat seseorang mengalami kelelahan dan anemia. Bahkan ketika mengalami kelelahan orang-orang lebih memilih untuk meminum minuman berenergi yang tentunya akan memberikan efek samping pada kesehatan tubuh. Padahal banyak cara yang dapat dilakukan ketika mengalami anemia. Beberapa cara mengobati anemia secara alami adalah sebagai berikut.

  1. Memilih makanan yang mengandung zat yang dibutuhkan tubuh

Ada beberapa makanan yang dapat kamu makan untuk mengatasi masalah anemia. Dilansir dari hellosehat.com makanan tersebut adalah makanan yang mengandung:

  1. Zat besi

Zat besi merupakan salah satu dari beberapa nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh penderita anemia. Tubuh tidak dapat membuat hemoglobin yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah tanpa adanya zat besi yang cukup. Ketika tubuh lemah karena anemia dapat diatasi dengan makanan mengandung zat besi. Terdapat dua jenis zat besi, yaitu heme dan non heme. Heme merupakan zat besi yang sering ditemukan dalam sumber hewani seperti ikan, daging, dan jeroan hewan. Jenis non heme terdapat pada sumber nabati seperti sayuran hijau, bayam dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin B12

Menurut doktersehat.com vitamin B12 dapat menjadi nutrisi pendukung agar penyerapan zat besi dalam tubuh semakin baik. Banyak yang meyakini bahwa bitamin jenis ini memiliki nutrisi yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dan memiliki fungsi yang sama seperti vitamin C dan folat. Vitamin B12 ini dapat meningkatkan fungsi sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah normal dengan lebih banyak. Kekurangan vitamin jenis ini akan mengakibatkan sel darah merah yang dihasilkan tubuh tidak normal bentuknya. Makanan dengan kandingan ini antara lain seperti ikan, daging merah, telur, jeroan ati sapi, sereal, kedelai, tuna dan susu.

  1. Asam folat

Salah satu cara mengobati anemia secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang dapat membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah merah bagi tubuh dan dapat larut dalam air. Kurangnya asam folat dalam tubuh dapat menyebabkan anemia megaloblastik. Makanan yang mengandung asam folat seperti kacang merah, kacang hijau, jeroan hati, kacang polong dan sayuran hijau.

  1. Istirahat

Menurut doktersehat.com cara mengobati anemia secara alami adalah dengan beristirahat. Salah satu cara tubuh memproduksi sel darah merah adalah dengan tidur. Tubuh akan melakukan reaksi alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti regenerasi sel. Jika kamu menderita anemia, sangat disarankan untuk menambah waktu tidur.

  1. Olahraga

Jika tubuh sedang lemas, kamu dapat melakukan olahraga ringat seperti senam, jalan dan bersepeda agar suplai darah lancar ke seluruh tubuh. Ketika kamu hanya diam ketika sedang lemas malah membuat produksi sel darah menjadi kurang maksimal.

Itulah beberapa cara mengobati anemia secara alami yang dapat kamu coba. Tidak perlu mengonsumsi obat-obatan berenergi yang nantinya malah memberi efek buruk bagi tubuhmu.