Jika dahulu kita berangggapan menggunakan linux itu susah dan ribet, tapi tidak untuk linux-linux yang didistribusikan sekarang ini. Kini linux lebih gampang untuk digunakan dan lebih userfriendly. Dan linux itu banyak sekali pilihan dari pengembangnya, seperti debian, redhat, slackware, ubuntu, android, blankon, dan masih banyak lagi. Setelah ganti-ganti distro linux akhirnya saya lebih jatuh hati untuk menggunakan ubuntu. Kenapa saya lebih tertarik menggunakan ubuntu, karena ubuntu itu lebih banyak pengembang softwarenya dan lebih stabil karena ubuntu merupakan keturunan debian yang terkenal dengan kestabilan software-softwarenya. Lho kan ada debian kenapa pilih ubuntu?  Kan ubuntu itu merupakan hasil pengembangan dan perbaikan dari debian. Jadi tentunya ubuntu adalah os yang powerfull dibandingkan debian. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas bersama.

Menginstall Software Dengan Ubuntu Software Center

Ubuntu software center yaitu semacam tempat untuk mendownload berbagai macam aplikasi & ebook, baik yang gratis maupun yang berbayar. Jadi dengan memanfaatkan ubuntu software center kita dapat menemukan aplikasi-aplikasi dengan mudah tanpa perlu mengingat-ngingat nama aplikasi yang kadang terlalu panjang yang mungkin harus dilakukan jika kita menggunakan command line.

Untuk menjalankannya langsung saja buka dash ubuntunya lalu ketikan “ubuntu software center” tanpa menggunkan kutip dua.

Lalu setelah terbuka ubuntu software centernya, saya sarankan kamu untuk mengatur repositorynya dahulu, bagi kamu yang belum mengenal apa itu repository, repostory adalah tempat ditaruhnya berbagai macam aplikasi pada linux, bisa dibilang juga gudangnya aplikasi.

Untuk mengaturnya pilih menu edit, lalu pilih software source .

Lalu pada pilihan download from, kamu bisa memilihnya untuk menggantinya dengan repository terdekat, saya saranin cari server-server yang diindonesia. jika sudah lalu kamu pilih close.

Jika sudah diganti repositorynya, jangan lupa untuk di update list softwarenya, karena jika tidak di update maka kita tidak bisa mengintsall aplikasi. Caranya adalah buka dash, lalu ketika saja terminal. Lalu ketika perintah

sudo apt-get update

jika sudah kini kita siap untuk menginstal semua aplikasi yang ada di ubuntu software center.

Menjalankan Aplikasi Windows Di Ubuntu

Nah jika sudah beres dengan ubuntu software center, kali ini saya saranin supaya ubuntu kamu bisa untuk mengerjakan tugas-tugas kamu dikampus. Terkadang memang kita terjebak didalam dilema yaitu ketika kita beralih ke open source, tapi tetap saja ada aplikasi-aplikasi yang belum bisa berjalan dilinux, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan wine yaitu aplikasi untuk menjalankan aplikasi windows .

Cara untuk menginstallnya adalah kamu tinggal membuka ubuntu software center. Lalu kamu ketikan saja wine. Lalu kamu tinggal klik install saja.

Setelah diinstall winenya, terkadang aplikasi yang kita install belum kompitible dengan wine. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan winetricks. Jadi winetrics ini adalah software wine untuk mengatasi aplikasi-aplikasi yang belum bisa diinstall dengan wine. Langsung saja, klik dash, lalu ketikan winetricks.

Lalu kamu pilih select default winetricks

lalu pilih install a windows dll or component

lalu kamu pilih paket mana yang dibutihin untuk menginstall aplikasi yang kamu ingin install, semakin banyak paket yang kamu install, semakin besar pula kemungkinan untuk aplikasi yang kamu ingin install bisa berhasil.

Sekian dulu ya tutorial dari saya, bila ada yang kurang mohon dimaafkan

mampir juga ya ke blog saya

Blog Pribadi : http://januarfadilah.blogspot.com