Di tahun 2012 ini, BlankOn Rote dengan desktop-nya yang cantik yaitu Manokwari rilis, Pastinya ada yang bertanya, apa itu BlankOn Rote dan apa itu desktop Manokwari ? dan saya yakin ada yang sudah tahu dan ada pula yang belum tahu. Meskipun begitu harus di kasih tahu, ok !!!

BlankOn Rote adalah sebuah sistem operasi berbasis linux dan merupakan versi terbaru distribusi BlankOn. Distribusi ini dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi linux ( satu kesatuan yang terdiri atas kernel linux beserta software-software pendukung didalamnya seperti paket-paket software, utility dan tools ) yang berasal dari  Indonesia karena pengembang nya adalah putra-putri bangsa Indonesia, Bangga kan ?  ternyata kita sudah membuat sistem operasi sendiri , gak kalah sama bangsa – bangsa lain.

Meskipun desktop Manokwari secara default digunakan oleh BlankOn Rote, tapi tidak menutup kemungkinan distro –distro linux lain seperti Ubuntu, Linux Mint, dll untuk menggunakan desktop ini.

Sistem operasi BlankOn dan desktop Manokwari adalah bersifat opensource artinya perangkat lunak ini  bebas dikembangkan kembali sesuai kebutuhan , karena BlankOn sendiri merupakan sistem operasi dari hasil pengembangan dari Debian. Seperti halnya juga Ubuntu yang kembangkan dari Debian.

Opensource adalah metode pengembangan suatu perangkat lunak dengan membuka source code. Kalau dianalogikan seperti kita membeli kue yaitu tidak hanya dikasih kuenya saja tetapi di kasih resep nya juga jadi kita bebas mempelajari dan mengembangkan kembali sesuai kebutuhan dan selera,jadi begitulah konsep dari opensource.

1. Mengenal Lebih Dekat Apa itu Manokwari

Sesuai dengan sub judul nya , mari kita megenal lebih dekat  apa sih itu manokwari ?

Mungkin terlintas yang pertama kali dipikiran anda yaitu manokwari yang dimaksud yaitu nama daerah di papua, bukan itu loh yang saya maksud , tapi ini …

Manokwari adalah desktop yang dikembangkan oleh pengembang Linux BlankOn dengan teknologi HTML5 dan CSS3. Hal ini membuat desktop manokwari menjadi desktop cantik dan mudah untuk dimodifikasi. Dengan  desktop Manokwari berbasis web, maka bagi kalian yang terbiasa mengoprek web atau memahami bahasa pemrograman HTML5 dan CSS3 akan dengan mudah memodifikasi sesuai selera. Manokwari juga sering disebut sebagai aplikasi dari desktop.

Maksud desktop disini yaitu desktop environment . Desktop environment atau lingkungan desktop adalah sebuah antarmuka grafis (Graphical User Interface) pada desktop sistem operasi. Terdiri dari icon, file manager , toolbar, folder, wallpaper, dan  desktop widgets .

2. Sejarah Pengembangan Manokwari

Manokwari adalah desktop yang dibuat untuk BlankOn Rote , sebenarnya versi BlankOn sebelum – sebelumnya tidak menggunakan manokwari tetapi menggunakan desktop Gnome 2 .  Dengan perkembangan teknologi desktop yang semakin maju.

Untuk teknologi Desktop Environment yang sedang populer – populernya dari linux saat ini

  1. Unity ( digunakan oleh Ubuntu versi terbaru  )
  2. Gnome shell ( Buatan dari proyek Gnome 3 )

Dimana keduanya ini , adalah lingkungan desktop yang dapat digunakan hanya pada komputer yang berspesifikasi tinggi . Hal inilah membingungkan para pengembang dari linux blankOn . Karena mereka berkomitmen untuk membuat sistem operasi yang  lingkungan desktopnya dapat digunakan oleh komputer dengan spesifikasi manapun (spesifikasi tinggi dan rendah) sehingga dapat banyak digunakan oleh banyak orang.


–          Spesifikasi tinggi (Komputer-komputer masa kini dengan ram > 1 Gb ,  > 1 GHz)

–          Spesifikasi rendah (Komputer dulu (800MHz -1GHz) dengan RAM minimal 256

MB).

Karena pengembang BlankOn ingin BlankOn Rote tidak boleh  tertinggal jaman , dengan distro – distro linux lainnya seperti Ubuntu, Linux Mint, dll . untuk    penampilan / grafisnya ( desktop environment ).

Maka BlankOn mempunyai dua pilihan diatas untuk desktop environment yang akan digunakan. Namun ada beberapa permasalahan yang dihadapi apabila memilih salah satu di antara dua pilihan diatas yaitu Unity  Gnome shell:

–  Unity dan GNOME Shell  tidak bisa dijalankan di komputer Prihatin atau berspesifikasi

rendah

–  Dengan desktop yang berbeda-beda ( Misal Unity untuk komputer spesifikasi tinggi

dan GNOME Panel  untuk komputer spesifikasi rendah) akan menyulitkan dalam

pembuatan buku panduan, pembuatan sertifikasi, dan dukungan teknis.

ingat : Gnome panel dan Gnome shell berbeda, Gnome panel adalah bagian dari

desktop environment sedangkan Gnome Shell adalah desktop environment terbaru yang

dikembangkan oleh GNOME. Gnome panel adalah sebuah launcher dan taskbar untuk  GNOME. Ini merupakan bagian inti dari desktop environment GNOME.

Jadi pilihanya sekarang tinggal dua : Gnome Panel atau bikin sendiri. Apabila tetap pertahankan Gnome Panel, Gnome-panel tidak dapat dibangun menggunakan Gtk3, jadi masa depannya sudah tidak ada lagi. Karena semua pengembangan aplikasi untuk Gtk2 sudah disarankan untuk beralih ke Gtk3.

GTK atau GIMP Toolkit adalah sebuah widget toolkit antar platform untuk menghasilkan GUI .

Dari analisa diatas, pilihan terbaik adalah membangun desktop environment sendiri, maka dibuatlah BlankOn Panel. Yang merupakan cikal bakal dari manokwari .

BlankOn Panel + Gnome 3  = Manokwari


Jadi  kesimpulannya adalah bahwa Manokwari adalah desktop environment yang dikembangkan dari Gnome 3 dengan perpaduan dari BlankOn Panel dan Gnome Desktop.

Gambar 1. Desktop dari Manokwari

Gambar 2. Tampilan Menu

3. Kesimpulan

Manokwari adalah desktop yang dibuat untuk sistem operasi / distro BlankOn Rote , Banyak yang menyatakan bahwa Manokwari adalah desktop yang cantik dan ringan. Kok bisa ? Tentunya bisa karena manokwari dikembangkan dengan HTML5 dan CCS3. HTML5 dan CCS3 adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan web yang terkenal ringan dan memberikan tampilan yang cantik. Selain itu, manokwari adalah perangkat lunak yang opensource artinya perangkat lunak ini bebas untuk dikembangkan sesuai kebutuhan dan selera .

Jadi saran saya, kita sebagai orang Indonesia di harapkan untuk mau menggunakan produk dalam negeri.

Bagi kalian yang ingin menggunakan desktop manokwari , bisa langsung install distro BlanKon Rote di kompi atau laptop kalian. Bagi yang sudah memakai distro linux yang lain seperti Ubuntu , bisa di download desktop manokwari di  manokwari.blankonlinux.or.id


Blog pribadi : http://toyalab.blogspot.com/