Saat pertama kali mendengar kata Android, saya belum mengetahui kalau android adalah software open source yang saat ini digemari banyak orang. Setelah masuk kuliah ditingkat pertama, saya mendapat mata kuliah Pengantar Komputer dan Teknologi Informasi. Dari mata kuliah tersebutlah saya  mengetahui android ternyata sebuah software open source berbasis Linux. Lalu apa itu Open Source? Open Source adalah software yang membebaskan source codenya untuk diperbaiki atau dimodifikasi agar dapat digunakan sesuai kebutuhan user, dan yang terpenting adalah open source mudah diperoleh dan untuk memilikinya tidak perlu membayar lisensi.

Disini saya akan menjelaskan kelebihan-kelebihan Open Source, khususnya Android :

1. User memiliki hak untuk memodifikasi.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, open source memiliki source code yang bisa dimodifikasi agar  mempermudah user dalam menggunakannya.

2. Banyak tenaga SDM yang diserap untuk mengerjakan proyek open source.

Open source juga telah banyak melahirkan developer-developer handal diseluruh penjuru dunia.

3. Aplikasi-aplikasi yang terdapat di Android Market biasanya gratis.

Linux-pun free software, tetapi walaupun free software bukan berarti kualitasnya tidak menjamin karena produk dapat dievaluasi oleh banyak orang sehingga produk tersebut kualitasnya lebih baik.

4. Setiap versi terbaru dari android selalu memiliki keunggulan yang tentu saja lebih baik dari versi sebelumnya.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tidak ada salahnya memilih open source sebagai platform alternatif. Dengan ikut mengembangkan open sources kita juga dapat menaruh harapan pada anak bangsa untuk menciptakan produk-produk unggulan yang sangat bermanfaat bagi kemajuan teknologi. Selain itu, kita juga dapat menghindari pemakaian software secara illegal.

Blog Pribadi : http://noonafieda.blogspot.com/