Sewaktu SMA yang saya tahu opensource itu cuman linux dan itu pun tidak tahu kalo linux itu terbagi menjadi beberapa distro ,weleh –weleh  . nah menurut David Wheeler “ secara umum program yang dinamakan free software  ( perangkat lunak bebas ) atau open source software ( perangkat lunak sumber terbuka)adalah program yang licensenya memberi kebebasan kepada pengguna menjalankan program untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program ,dan mendistribusiakan pengadaan program asli atau yang sudah di modifikasi tanpa harus membayar rolayti kepada pengembang sebelumnya “.Jadi menurut saya intinya opensource itu sumber yang terbuka yang di berikan tanpa harus membayar royalty untuk terus di kembangkan memberikan manfaat untuk orang banyak di seluruh dunia dan intinya membantu memberantas bajakan .

Akhir masa –masa SMA berakhir , setelah proses yang sangat begitu panjang ,singkat cerita saya di terima di universitas gunadarma wah seneng dong, memang di sini mimpi saya .perguruan tinggi yang kesohor karena kemajuan IT nya yang cukup pesat.

open source developers

opensource developers

Masa perkuliahan dimulai wah alangkah kagetnya ada pelajaran yang membahas linux system operasi yang berbasis opensource ,pertama saya merasa apa sih itu linux ?apaan coba masa OS(operating system) cuman begini-begini doang , ga asyik. Tetapi ada seorang mahasiswa tidak lain tidak bukan adalah teman sekelas saya ,ko aneh sih tampilan desktopnya ? tapi laptopnya bagus . saya langsung menghampirinya dan bertanya .

A  :    pake apa OSnya ?ko nyentrik banget beda dari pada yang lain?

B  :     Oh ini ,ini linux pake distro Ubuntu .

A  :    Pantes ,ngapain pake linux ? emang apa enaknya ?

B  :     Hehe .. (dia menjelaskan alas ankenapa dia mengunakan linux)

  1. Pertama : Linux itu gratis jadi kita tidak usah susah-susah mencari crack atau license bajakan hal itu hanya akan membuat kita berdosa setiap detik,menit dan jam ketika kita menggunakan software tersebut.
  2. Kedua : linux itu untuk semua orang karena mudah pemakaiannya dan user friendly bahkan stabil untuk penggunaan server,asal lu tahu linux menjadi OS server yang di pakai terbanyak di seluruh dunia.
  3. Ketiga : karena opensource linux bisa kita modifikasi atau kita oprek sesuai keinginan kita yang pasti aman jauh deh dari virus .

A  :    Keren banget ,oke deh thanks ya 🙂

B  :     Seeepp

Ternyata opensource juga mempunyai license yang mengikat antara developer dan developer turunannya (derivatif) dalam hal memodifikasi kode, Beberapa lisensi yang terkenal adalah:

  • GPL (General Public License) merupakan lisensi yang paling umum dipakai oleh software open-source. GPL dianggap sebagai lisensi yang sangat pro open-source karena memiliki peraturan yang sangat mengikat bagi developer yang ingin me-redistribusi dan mengubah source code program berbasis GPL, umumnya disebut copyleft. Program yang dibuat dari program GPL harus melisensi program buatannya juga menggunakan GPL yang artinya harus juga berupa open-source.
  • LGPL(Lesser General Public License), merupakan lisensi yang lebih longgar dalam hal penggunaan programnya sebagai link. Program derivatif dari source code berlisensi LGPL tetap harus melisensi programnya dalam GPL atau LGPL, akan tetapi links (sebagai library) boleh dipergunakan oleh program berlisensi open-source maupun komersial. Mudahnya, program berbasis LGPL hanya boleh digunakan bebas sebagai library atau link selama program yang berbasis LGPL tidak diubah kodenya. Bila mau diubah, maka program harus dilensi sebagai GPL atau LGPL.
  • MIT atau Massechusetts Institute of Technology License, merupakan lisensi bebas yang dapat dipakai untuk keperluan komersial dan open-source. Program derivatif hanya diminta untuk menulis copyright atau hak cipta dari developer program aslinya dalam tiap copy program derivatif-nya.
  • BSD atau Berkeley Software Distribution License merupakan lisensi bebas yang mirip dengan MIT License, hanya saja nama developer program aslinya tidak boleh dipergunakan untuk promosi untuk source code / software hasilnya.
  • Apache License merupakan lisensi bebas dengan keharusan software derivatif harus mencantumkan copyright dan paten developernya dalam program dan dokumentasinya, serta membuat dua file khusus berisi lisensi yang digunakan dan pemberitahuan mengenai nama software asli dan developernya.
  • MPL atau Mozilla Public License mengharuskan program derivatif untuk menggunakan MPL juga, akan tetapi juga memperbolehkan program berlisensi MPL dipergunakan bersama file-file yang source-code nya tertutup.
Android super user

Android super user

Setelah Selesai berkenalan dengan open source saya akan menjelaskan sedikit tentang salah satu os linux berbasis mobile yang sangat terkenal yaitu android .intinya Juli 2005, Google bekerjasama dengan Android Inc, Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.Versi android pun banyak tapi Di berikan nama secara unik menurut abjad dan di beri nama makanan mulai dari cupcake,donnuts,éclair ,froyo,gingerbread,honeycomb,ice cream bahkan yang terakhir adalah versi jelly bean . Android sekarang sedang banyak dibahas dan banyak aplikasi bermunculan dari para developers muda tidak ada salahnya kita membahas trik dan tips android :

  1. Jika android kamu memory internalnya pas-pasan dan ingin menginstal banyak aplikasi tidak ada salahnya mencoba APP2SD : adalah perangkat lunak yang tugasnya memindahkan direktori instalasi internal memory ke external memory jadi memory internal lebih lega.
  2. Jika kamu ingin menjadi super user (root) bagi handphone kamu atau yang tanganya tidak bisa diam maka tidak ada salahnya jika hpnya di root ,karena fungsi root itu sendiri untuk mendapat fungsi istimewa untuk mengexplore androidnya lebih dalam.
  3. Jika kamu ingin mengistal aplikasi android .apk yang di unduh lewat computer masukan aplikasi mentahnya .apk ke microsd bisa melalui kabel data atau bluetooth lalu masuk file manager pada android dan cari aplikasi kita dan Klik file *.apk di tempat file tersebut ditaruh.Tunggu hingga aplikasi selesai diinstal .jika muncul notifikasi centang pada bagian “unknown sources”.

Selanjutnya adalah trik yang paling extream yaitu flashing atau istilahnya mengupgrade OS android dengan os android official atau dengan os pihak ketiga(cynogen).cara ini tidak di anjurkan karena bisa membuat brick android dan android tidak bisa di gunakan.

Nah dari sekian banyak pengalaman dan berkembangnya opensource juga semakin majunya globalisasi kedepannya pasti banyak pengembang yang memanfaatkan opensource dengan maksimal.