Sekian lama saya menggunakan Ubuntu, akan tetapi rasa ingin kembali mencoba menggunakan distro Slackware datang beberapa hari belakangan ini, entah karena Slackware lebih advance dalam penggunaan Linux atau apalah. Berhubung saya mempunyai media instalasi Slackware yakni versi 13.37, kemudian saya install Slackware tersebut di laptop saya untuk menggantikan Ubuntu yang selama ini saya pakai, (tidak dual-boot).

Namun masalah pun datang ketika saya melakukan aktifitas scroll pada dokumen, di Slackware malah pointer saya lari kemana-mana. Akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi yang bernama kcm_touchpad dimana aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengatur touchpad, khususnya touchpad Synaptics yang saya gunakan.

Catatan penting, untuk dapat menggunakan multi gesture di Slackware disarankan sekali upgrade kernel diatas versi 3, karena di slackware 13.37(stable) masih menggunakan versi 2.6. Dan kcm_touchpad digunakan pada DE KDE. Atau untuk lebih up to date, kita bisa mengikuti Slackware-current. Mengenai Slackware-current, tunggu di tulisan berikutnya.

Untuk mendownload aplikasi kcm_touchpad dapat di dapatkan di SlackBuilds

Panduan dalam menggunakan script dari SlackBuilds dapat dilihat disini