Wow ketika saya iseng-iseng mencari komunitas Linux di Gunadarma ternyata ditemukanlah situs ini (http://linux.blog.gunadarma.ac.id/). Gembira sih rasanya ketika menemukan situs ini dimana ada sebuah situs komunitas pengguna sistem operasi Linux di kampus saya, akan tetapi yang membuat saya agak sedikit menjadi kurang gembira, ko ternyata situs ini sepi sekali yah, jarang ada yang menulis di situs ini. Yaaa saya hanya ingin sedikit meramaikan saja, tetapi bingung juga apa yang mau ditulis, maklum lagi iseng-iseng sih ceritanya. Nah kebetulan ada sebuah distribusi(kerennya: distro) Linux yang baru saja rilis yakni Ubuntu 12.04 LTS dengan code name Precise Pangolin maka dari itu saya akan sedikit membahas tentang distro Linux yang satu ini.

Bagi teman yang ingin mencobanya bisa download disini:

PC (Intel x86) desktop CD (32bit)
64-bit PC (AMD64) desktop CD (64bit)
atau bisa minta ke saya aja, insya Allah saya kasih file imagenya(iso), jadi teman-teman bisa burning ke DVD atau membuat live USB sebagai media instalasinya.
nah lantas apa yang membedakan 32bit dan 64bit??
jadi secara keseluruhan bisa dikatakan perbedaannya terdapat di performanya teman, dimana OS 64bit dengan aplikasi native 64bit juga akan berjalan lebih baik daripada yg 32bit, dan pembacaan RAMnya juga lebih maksimal (32bit hanya membaca RAM max 3,5GB). akan tetapi ada syaratnya, jika teman ingin meng-install Ubuntu yg 64bit prosesor teman harus support EM64T(Intel) atau AMD64(AMD). Jadi sekarang teman bisa pilih kan yang mana maunya??
Kebetulan saya sendiri menyediakan Ubuntu 64bit.
Nah jika teman sudah punya Ubuntu dan sudah diinstall pada komputer kalian, maka tahap terpenting selanjutnya adalah mengkoneksikannya ke internet. Alhamdulillah Universitas Gunadarma menyediakan internet gratis (free hotspot) bagi mahasiswa/i nya.
jika sudah terkoneksi maka tahap terpenting pertama adalah update repositorinya teman dengan cara, buka Terminal dan ketik perintah
teman akan diminta untuk memasukan password(password yang diketikan tidak akan ditampilkan), kemudian tekan Enter
kemudian upgrade paket2 terbaru dengan perintah
Jika sudah melakukan hal diatas teman tinggal meng-install aplikasi2 penting lainnya.
1. Install paket restricted extras, supaya Ubuntu kalian bisa memutar file multimedia
2. Install pemutar video vlc (favorit saya)
3. Install codec untuk memutar DVD
Jika teman-teman malas untuk untuk menginstall aplikasi lewat Terminal, bisa ko menggunakan Ubuntu Software Center. Tampilannya sangat user-friendly jadi mdah untuk melakukan instalasi. Teman bebas untuk meng-install aplikasi apapun yang ada di USC, dan itu sangat banyak juga bebas untuk di-install dan digunakan. Mungkin instalasi yang saya tuliskan diatas hanya instalasi yang penting saja, selebihnya teman-teman bisa bereksplorasi sendiri.
Salam Open Source
http://www.egga.web.id

(Precise Pangolin)