Teknologi IP Mobile

PENGERTIAN

IP mobile ( Mobile IP ) adalah protokol komunikasi standar terbuka yang didefinisikan oleh IETF (Internet Engineering Task Force) yang memungkinkan pengguna perangkat mobile untuk menjaga IP yang sama ( Internet Protocol ) alamat saat roaming antara jaringan IP. Mobile IP merupakan teknologi yang mendasari untuk mendukung berbagai mobile data dan aplikasi jaringan nirkabel.

Hal ini juga memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dan berkomunikasi satu sama lain mulus. Misalnya, GPRS bergantung pada mobile IP untuk mengaktifkan relay pesan ke GPRS ponsel melalui SGSN dari GGSN tanpa pengiriman perlu mengetahui alamat IP node melayani. Mobile IP berlaku baik untuk IPv4 dan IPv6 standar. Spesifikasi untuk Mobile IP dipublikasikan dalam IETF RFC 2002 , RFC 3320 , RFC 3344 (untuk IPv4) dan RFC 3775 (untuk IPv6).

KOMPONEN IP MOBILE

  • Mobile Node    : Suatu perangkat yang mampu melakukan roaming jaringan.
  • Home Agen      : A router pada jaringan rumah yang berfungsi sebagai titik untuk komunikasi dengan mobile node.
  • Agen Asing       : Router yang berfungsi sebagai mobile node titik dari keterikatan ketika perjalanan ke jaringan asing.
  • Perawatan Alamat        : Pemutusan titik terowongan menuju mobile node ketika tidak berada dalam jaringan asal.
  • Koresponden Node      : Perangkat bahwa mobile node berkomunikasi dengan seperti web server.

CARA KERJA IP MOBILE

Mobile IP didasarkan pada IP, yang didukung oleh media yang mendukung IP dan scalable melalui Internet tanpa mobilitas perangkat mobile yang berbeda melalui jaringan menengah yang berbeda. Mobile IP juga tidak memerlukan campur tangan pengguna untuk mempertahankan konektivitas tanpa batas.

Mobile IP bekerja dengan memungkinkan suatu mobile node memiliki dua alamat IP yang merupakan alamat rumah IP (alamat IP tetap) dan IP KoA (alamat sementara “perawatan-of” yaitu alamat IP yang berhubungan hanya ke jaringan di mana mobile node saat ini berada). Agen Asing mengiklankan perawatan-alamat dan menyimpan informasi tentang node jaringan seluler yang mengunjunginya. Sedangkan Agen Home menyimpan informasi tentang mobile node yang permanen alamat rumah milik tuan rumah agen jaringan.

Karena alamat rumah secara logis dalam jaringan yang terkait dengan agen rumah, paket komunikasi selalu diteruskan ke agen rumah dengan menggunakan mekanisme routing IP. Pada menerima paket ini, agen rumah pengalihan paket ini terhadap agen asing dengan mengambil IP CoA dari tabel look-up mengikat. Ia menambahkan header IP yang baru ke paket IP asli. Alamat IP ditambahkan kemudian akhirnya decapsulated dan dihapus dari paket pada pengiriman akhir ke akhir perangkat mobile.

Atau ada yang menuliskan untuk komunikasi yang mulus antara mobile node dan aplikasi yang berada di PDN, selalu aktif terhubung konektivitas untuk aplikasi data mobile dan komputasi nirkabel secara ringkas dengan mengoperasikan mobile IP menggunakan protokol tunneling untuk memungkinkan pesan dari PDN untuk diarahkan ke node alamat IP mobile. Hal ini dicapai dengan cara routing pesan ke node asing untuk pengiriman melalui terowongan alamat IP asli dalam paket yang ditujukan untuk alamat IP sementara ditugaskan ke node mobile dengan simpul asing. Agen Rumah dan Agen Asing terus mengiklankan layanan mereka di jaringan melalui proses Discovery Agen, memungkinkan Agen Home untuk mengakui ketika baru Agen Asing diperoleh dan memungkinkan Node Mobile untuk mendaftarkan Care baru Alamat.

KEUNTUNGAN dan KEKURANGAN IP MOBILE

Keuntungan Mobile IP antara lain :

  • Mobile IP membantu pengguna menggunakan laptop mereka dan perangkat nirkabel di mana saja.
  • Sebuah alamat IP seluler memungkinkan pengguna untuk terhubung ke Internet tanpa alamat IP biasa statis atau dinamis melalui penggunaan alamat IP yang unik mobile.
  • Penciptaan IP pada pergi satu-satunya cara bahwa pengguna dapat mengakses internet saat jauh dari tradisional modem atau router setup.

Kekurangan Mobile IP :

Ketidakstabilan ketersediaan internet masih menjadi masalah bagi pengguna ponsel. Sebuah mobile IP membutuhkan sinyal yang kuat untuk terhubung ke Internet. Di kota-kota besar, sinyal mudah didapat, dan mobile IP akan mampu menjelajah antara jaringan dengan sedikit masalah sama sekali. Di daerah pedesaan masih banyak daerah yang cakupannya masih jarang, dan sinyal kuat sulit didapat. Secara umum, semakin kuat sinyal, koneksi lebih cepat dan lebih handal. Dan lemahnya sinyal mengakibatkan sambungan tersebut menjadi lambat dan tidak stabil.

APLIKASI IP MOBILE

Mobile IP teknologi terdapat pada fungsi peralatan paket untuk 2.5G dan 3G . Selain itu, mobile IP memungkinkan aplikasi canggih seperti unified messaging. Selain itu aplikasi Mobile IP sangat menonjol di bidang internet yang memungkinkan penggunaan perangkat mobile dalam komunikasi melalui lingkungan ini. Dimana perangkat mobile yang akan digunakan untuk komunikasi scalable menjaga alamat IP yang sama saat roaming, sehingga komunikasi mulus disimpan hidup (baik kabel maupun nirkabel.) , bahkan ketika mobile node mengubah titik lampiran ke Internet.

Selain mobilitas jaringan komunikasi, ia juga mampu mendukung dua arah satu-ke-satu akses dan pengembangan layanan real-time multimedia karena Mobile IP didasarkan pada konvergensi teknologi komunikasi bergerak dan jaringan IP. Mobile IP teknologi juga dapat diterapkan untuk mengatur IVRS (Interactive Voice Response Systems), situs game web multimedia, saham otomatis dan saham, portal keuangan online, sistem ERP, portal suara dan suara yang diaktifkan pada website.

Mobile teknologi IP dapat menjembatani berbagai sistem tumpang tindih kabel serta lingkungan komunikasi nirkabel seperti internet diaktifkan LAN, WLAN, WiMAX, Wi-Fi sistem, IP over DVB (Digital Video Broadcast), dan IP over MPEG. Meskipun sistem seluler kebanyakan seperti GSM, dan CDMA swasembada teknologi mobile untuk memberikan pengguna dengan transparansi dan komunikasi suara mulus dan konektivitas internet melalui penggunaan teknologi nirkabel berkembang 2,5 G seperti GPRS ( General Packet Radio Services ), Mobile IP teknologi dapat digunakan untuk menjembatani sistem selular yang berbeda dan, juga, PDSN (Packet Data Servicing Node) yang dapat bertindak sebagai titik hubungan antara akses radio dan jaringan IP.