Apa itu web server?? Web Server atau server web merupakan software yang ditempatkan pada komputer jenis apapun yang sesuai dengan spesifikasi teknis minimal yang dianjurkan oleh perangkat lunak tersebut yang mampu menerima permintaan HTTP/HTTPS dari klien melalui media browser) dan mengirimkan kembali dalam bentuk halaman-halaman website yang umumnya secara standar adalah Hypertext Markup Language (.html).
Web browser merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web. Halaman-halaman web disusun atas rangkaian kode hypertext markup language (HTML). Di masyarakat banyak beredar jenis web browser antara lain : internet explorer, mozilla firefox, apple safari, netscape navigator, chrome, IE, dll. Beberapa aplikasi perangkat lunak pembangun Web Server yang dapat dipergunakan diantaranya adalah Apache, Xitami, PWS, IIS dan sebagainya .

Web Server merupakan mesin yang didalamnya terdapat aplikasi yang bertugas menerima permintaan data (HTTP Request) dari klien melalui perantara web browser atau console, mengolah data atau memproses form dengan bantuan form interpreter, dan mengembalikan data kembali (HTTP Response) ke klien, biasanya data dalam format dokumen HTML (Hypertext Markup Language).
Dalam menjalankan tugasnya web server tidak berdiri sendiri. Di era web dinamis seperti sekarang ini, web server membutuhkan aplikasi pendukung untuk mengolah data yang dikirim klien dengan metode-methodenya seperti GET, POST, HEAD, OPTIONS, dan TRACE (Red: umumnya metode GET dan POST saja) melalui tag FORM pada HTML. Pemprosesan form dilakukan oleh Intepreter seperti PHP, Pearl, .NET yang juga memiliki kemampuan membangun aplikasi web dinamis, dan mendukung RDBMS seperti MySQL, PostgreSQL, MSSQL, DB2 dan ORACLE.

Secara sederhana gambaran cara kerja web server seperti berikut :

1. Komputer klien dapat berupa pc desktop atau laptop yang mempunyai browser dan terkoneksi dengan jaringan internet atau intranet.

2.Server berisi perangkat lunak yang mempunyai spesifikasi teknis minimal terkait dengan kemampuan server dalam melayani banyak klien nantinya. Server terhubung juga dengan Internet atau Intranet agar dapat diakses oleh klien. Untuk keperluan akses dari klien maka server juga harus mempunyai alamat yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP) misal 202.10.20.20.

3. Klien melakukan request untuk memesan alamat kepada server melalui browser misal http://www.arinilarasati.info.

4. Server mendapat pesanan alamat akan mencari informasi sesuai dengan pesanan klien, dana memberikan hasilnya dalam bentuk halaman website. Pencarian ini bisa jadi menghasilkan, namun juga bisa gagal.

sumber :
http://mamaders.blogspot.com/
http://yanuartotw.wordpress.com