Dikarenakan bukan sebagai bahasa nasional, terkadang kita sedikit malas untuk mengerti dan memahami bahasa asing. tapi di era yang sudah globalisasi ini “memaksa” kita untuk tahu dan belajar bahasa asing ditambah lagi banyaknya ilmu-ilmu baru yang ditulis belum menggunakan bahasa INDONESIA… mungkin ilmu-ilmu baru tsb ditemukan bukan oleh orang Indonesia sehingga kita tidak dapat “memaksa” mereka untuk berbahasa Indonesia…:-)

Guru bahasa Inggris saya dulu pernah katakan, supaya kita dapat memahami bahasa asing, selain harus tahu aturannya (grammernya), yang paling dasar kita mesti ngerti artinya…ada juga paham yang “Radikal”, dimana kata orang-orang buat nguasai sebuah pelajaran, bakar aja bukunya kemudian abunya dicampur air disaring supaya bersih baru di minum….(hehehe, gak usah dikutin pasti itu pahamnya orang goblok yang sudah putus asa…) gimana mau pinter, ketemu suster sama dokter sudah pasti…mau pinter harus belajar!

saya coba posting Dictionary versi Stardic yang dijalankan via Linux..
caranya:

  1. Download file-file berikut dari situsnya stardict “KLIK DISINI” Ubuntu Linux Debian, ekstrak filenya, kemudian diinstall file debiannya download file-file pendukung yang memang kita perlukan untuk librarynya bisa diunduh dengan “KLIK DISINI”
  2. Karena filenya masih rpm, maka kita harus mengubahnya menjadi deb, gunakan sudo alien filenya diekstrak juga, tapi sebagai user nggak bisa untuk copy paste, maka
  3. Kita masuk sebagai root, copy file yang diunduh tadi terus masuk ke file system – usr – share – stardict – dic, dan paste-kan filenya tadi.

Sekarang anda bisa kembali ke posisi user dan sudah bisa menggunakan stardict.

Mudah-mudahan hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua…insya Allah.