Assalammu’alaikum wr.wb
Gimana sih cara menghias grub pada ubuntu..? nah., mungkin bisa mengikuti cara berikut ini..
perlu diketahui., bagi anda yg pengguna OS linux tunggal pada PC, harus menampilakan grubnya dahulu.,karena secara teorinya untuk booting OS tunggal ia akan melewati proses grub, dengan kata lain ia akan langsung masuk ke Plymount tanpa menampilkan grup nya (plymount>ubuntu login)..sedangkan untuk yg multy OS kita tidak perlu menampilkannya lgi karena secara default ia akan tampil sendiri untuk menentukan sistem operasi yg akan dijalankan.( grub>plymount>ubuntu login)

Kebetulan sya menggunakan OS tunggal ubuntu pada PC sya..langkah pertama kita hrus menampilakan grubnya terlebih dahulu..cara nya buka terminal trus ketikan perintah sudo gedit /etc/default/grub nnt akan muncul jendela konfigurasi grub pada gedit..
selanjutnya berikan tanda komentar (#) pada awal kalimat GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0 sehingga akan terlihat seperti ini #GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0 dan ubah waktu yg digunakan untuk time out dari grubnya itu sendiri.. dengan mengubah angka 10 pada perintah GRUB_TIMEOUT=10 (anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan anda). kemudian save dan tutup jendela geditnya..

untuk memberikan background pada grubnya, langkah yg diperlukan yaitu menyiapkan sebuah gambar *.png ( dengan nama S–o-B.png ) ukuran besar..y kira2 j 1024×768 px.,copi file tersebut di direktory /usr/share/images/desktop-base dengan menggunakan nautilus.

setelah itu ubah file konfigurasi grub.d dengan menggunakan perintah sudo gedit /etc/init.d/05_debian_theme

kemudian cari dan ubah perintah berikut WALLPAPER=”/usr/share/images/desktop-base/S–o-B.png (sesuai dengan nama gambarnya)”

untuk mengganti warna tulisan bisa kita mengubahnya dengan mengganti perintah di bawah ini..

COLOR_NORMAL=”cyan/black”

COLOR_HIGHLIGHT=”yellow/black”

anda bisa mengubahnya sesuai selera,,

klo udh pas warna-nya sekarang kita akan mengupdate file grubnya dengan menggunakan perintah. sudo update-grub

sekarang restart komputer anda dan liat perubahan yg terjadi pada grub anda..

Untuk mengubah resolusi dari grubnya anda bisa mengunakan starup manager.. caranya instal startup manager dengan menggunakan perintantah sudo apt-get install startupmanager setelah itu buka aplikasi tersebut di System > Administration > StartUp-Manager.