wah, akhirnya sekian lama resolusi plymount ubuntu w bener juga…(alhamdulilah), Masalahnya begini,.? waktu pertama install driver VGA Nvidia di ubuntu, tiba tiba resolusi plymount w berubah menjadi 640×480 px, wah kan g enak diliat kan..? ydh w lgsung ja dh w beguru ma OOm GoOgle..eh ketumu tutorialnya., pas w coba alahmadulilah berhasil., nah kali ini w akan ngasih tau gimana caranya ngebenerin resolusi plymount nya..,

Pertama kita download terlebih dahulu package yg kita butuhkan..,ketikan perintah tersebut pada terminal..

sudo apt-get install v86d

apabila anda tdk teroneksi dengan internet bisa menggunakan apt-web dengan kyword V86D. (awas titiknya jangan ampe kebawa)..hhe

setelah selesai downlaod dan terinstal di komputer anda..lankan selanjunya adalah mengubah grub dengan editor yg adna sukai…disini sya menggunakan gedit. Berikut perintahnya.. sudo gedit /etc/default/grub

Ubah/ganti baris perintah grub GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” menjadi seperti di bawah ini,

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash nomodeset
video=uvesafb:mode_option=1024×768-24,mtrr=3,scroll=ywrap”

kemudian cari kembali baris perintah #GRUB_GFXMODE=640×480 dan ganti kembai dengan baris perintah berikut GRUB_GFXMODE=1024×768 (jgn lupa tanda kmentar (#) harus di hilangkan).,save dan tutup editornya.

NB: perintah di atas merupakan contoh untk merubah plymount menjadi ukuran 1024x768px..,anda bisa menggantinya sesuai dengan kemampuan layar anda. 😀

masih di terminal., ubah file modules dengan menggunakan perintah berikut.,,

sudo gedit /etc/initramfs-tools/modules

tamabahkan baris uvesafb mode_option=1024×768-24 mtrr=3 scroll=ywrap
paling bawah, kemudian save dan tutup editornya.

selanjutnya ketik perintah di bawah ini dan tunggu hingga selesai.,

echo FRAMEBUFFER=yes | sudo tee /etc/initramfs-tools/conf.d/splash

langkah selanjutnya update grup dengan perintah sudo update-grub2 .

nah, untuk langkah terakhr ketikan perintah sudo update-initramfs -u pada terminal.

Restart komputer anda dengan perintah sudo reboot . insyallah plymount anda akan kembli normal…akhir kata..? semoga tulisan ini bisa bermanfaat walaupun yg nulis agak ngawur.. 😀

Wassalamu’ alaikum wr.wb