Ubuntu Linux dari Ubuntu Foundation pimpinan adalah distribusi Linux turunan Debian yang sangat kuat menganut prinsip FLOSS (Free Libre Open Source Software). datanglah saatnya sistem operasi komputer modern yang benar-benar free, free seperti dalam arti freedom (bebas) dan free seperti dalam arti free (Gratis).

Dalam manifestonya, Ubuntu akan selalu gratis dan akan selalu menggunakan software gratis dan open source.

Ubuntu adalah pionir dalam distribusi Linux yang berani memberikan layanan kirim gratis ke seluruh dunia via internet di alamat Link Cukup pesan dengan mengisi form dan tunggu lebih kurang 1 bulan dan Anda sudah bisa mencobanya.

Saat ini Ubuntu sudah mencapai kematangan versi 6.06 LTS (Long Term Support) dengan mempergunakan kernel 2.6.15 dan Gnome 2.14. Terdapat 3 variant Ubuntu yang menggunakan desktop berbeda, Kubuntu dengan KDE, Edubuntu yang dibuat khusus untuk dunia pendidikan dan Xubuntu dengan desktop Xfce yang sangat minimalis dan hemat memory.

Terdapat Ubuntu versi server yang juga bebas dipakai dan gratis! Anda hanya tinggal memilih Ubuntu yang sesuai dengan selera, bila ingin menjajal satu persatu maka Anda dipersilahkan dengan memesan sendiri via Ship It Ubuntu atau meminta dari teman jika sudah memesannya. CD tersebut bisa berfungsi sebagai LiveCD atau langsung diinstall ke dalam komputer. user ( pennguna) dianjurkan untuk mengcopy dan mendistribusikannya kepada setiap orang.

Mudah, Aman, Menyenangkan
Instalasi Ubuntu sangatlah mudah dan cepat bahkan lebih cepat daripada instalasi Windows XP. Deteksi hardwarenya juga sangat baik bahkan boleh dikatakan tanpa campur tangan sama sekali, semuanya langsung terdeteksi. Anda juga akan terkagum-kagum dengan kecepatan bootingnya.