Bagi kalangan awam, bahkan penggemar Linux pun, pengertian bahwa “Linux itu gratis” seringkali membingungkan. Di satu sisi karena sulit menemukan sesuatu di dunia ini yang benar-benar gratis. Akibatnya kenyataan bahwa “Linux itu gratis” sulit diterima. Orang akan cenderung untuk mencurigai, bahwa pasti ada sesuatu, ada udang di balik batu, dari ke-gratis-an ini.

Di sisi lain, sesuatu yang gratis biasanya terkait erat dengan produk/jasa yang tidak bagus, murahan. Sesuatu yang tidak pantas dipakai dalam dunia industri maupun komersil. Sesuatu yang umumnya merupakan produk beta atau produk yang bersifat percobaan.

Oleh karena itu tulisan ini mencoba memberikan pengertian lebih jauh dari ke-gratis-an Linux. Terutama dari segi aspek hukum secara praktis, karena notabene Indonesia saat ini merupakan salah satu negara dengan pembajakan piranti lunak cukup besar. Lebih jauh lagi tulisan ini mencoba membahas peluang-peluang yang muncul dari ke-gratis-an Linux ini.

Pengertian Lisensi Secara Umum Suatu produk piranti lunak umumnya memiliki lisensi atau hak cipta. Umumnya ini berkaitan dengan kepentingan si pembuat agar hasil ciptaannya tersebut tidak dimanfaatkan dengan cara yang tidak adil oleh pihak lain. Juga dengan adanya hak cipta ini, si pembuat dapat menerima hasil jerih payahnya, baik dalam bentuk materiil (uang, royalti, dsb) ataupun non-materiil (pengakuan dunia terhadap hasil ciptaannya, dll).
Satu hal yang patut disayangkan ialah bahwa lisensi yang ada saat ini di dunia piranti lunak menempatkan konsumen/pembeli pada posisi yang sangat lemah. Klausal-klausal yang ada pada lisensi biasanya mengharuskan si pembeli untuk mematuhi berbagai hal sementara keharusan yang sama tidak berlaku bagi si pemegang lisensi. Berikut ini beberapa contoh hal-hal yang harus disetujui oleh pembeli sebagai berikut :
1. Pembeli tidak berhak melakukan proses software reengineering, merubah, atau mengkonversi produk itu ke kode asalnya.
2. Tidak akan menuntut si pembuat atas kesalahan-kesalahan yang terjadi yang diakibatkan oleh penggunaan piranti lunak tersebut.

http://jenislinux.blogspot.com/2007/09/pengertian-linux.html