Linux, adalah istilah umum untuk Unix seperti komputer sistem operasi berdasarkan kernel Linux. . Pembangunan mereka adalah salah satu contoh paling menonjol bebas dan perangkat lunak open source kolaborasi. biasanya semua yang mendasari kode sumber dapat digunakan, bebas dimodifikasi, dan disebarkan, baik komersial dan non-komersial, oleh siapapun di bawah lisensi seperti GNU General Public lisensi.
Linux dapat diinstal pada komputer berbagai perangkat keras, mulai dari perangkat embedded seperti ponsel, smartphone dan jam tangan.
Linux adalah terutama dikenal untuk penggunaannya di server. pada tahun 2007 Linux keseluruhan pangsa pasar server diperkirakan pada 12,7%, sementara estimasi 2008 menunjukkan bahwa 60% dari semua web server berlari Linux. Most desktop computers run either Mac OS X or Microsoft Windows , with Linux having only 1–2% of the desktop market. Sebagian besar komputer desktop baik menjalankan Mac OS X atau Microsoft Windows, dengan Linux hanya memiliki 1-2% dari pasar desktop. However, desktop use of Linux has become increasingly popular in recent years, partly owing to the popular Ubuntu distribution and the emergence of netbooks and smartbooks . Namun, penggunaan desktop Linux telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena populer Ubuntu distribusi dan munculnya netbook dan smartbooks.
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Versi
Warna Arti
Merah Rilis terdahulu; tidak didukung lagi
Kuning Rilis terdahulu; masih didukung
Hijau Rilis saat ini
Ungu Rilis percobaan
Biru Rilis berikutnya

Tampilan dari versi Linux saat ini, tampilan dengan warna hijau.
Perbandingan dengan Ubuntu
• LinuxMint memiliki menu start yang berbeda dengan Ubuntu. Dilengkapi dengan pencarian dan aplikasi favorit.
• Pada edisi Main, LinuxMint sudah terintegrasi dengan codec multimedia yang umum digunakan. Sehingga pengguna dapat langsung memainkan file mp3.
• Sudah terintegrasi dengan Java Runtime.
• Tampilan boot yang lebih baik dengan menggunakan gfxboot.

Sumber :
– http://id.wikipedia.org/wiki/Linux_Mint
– http://www.linuxcritic.com/linux-bsd-distributions/linux-mint-8-review-and-commentary
– http://en.wikipedia.org/wiki/Linux