Tepat satu minggu sebelum hari Natal, distro berlogo kadal ijo ini meluncurkan versi OpenSUSE 11.1. Versi baru yang telah banyak mendapat sambutan positif dimasa ujicobanya, mengemas banyak software update dan fitur baru penting yang meningkatkan kwalitas distribusi buatan komunitas dan disponsori Novell ini.

Media instalasi openSUSE 11.1, seperti pada rilis enam bulan sebelumnya tersedia dalam format beragam baik LiveCD yang dapat ditanamkan ke hardisk dan masing-masing mengemas lingkungan desktop GNOME atau KDE-4, CD dan DVD instalasi yang mendukung arsitektur intel 32bit, 64bit maupun PowerPC.

openSUSE 11.1 – KDE4
Versi KDE dari openSUSE menggunakan lingkungan desktop KDE 4.1, generasi KDE4 yang kini telah cukup sempuna. Dari hasil ujicoba di GudangLinux selama satu hari bekerja menggunakan LiveCD dengan KDE 4.1 di laptop IBM, openSUSE 11.1 terbukti stabil tanpa masalah dengan respon yang baik dan semua hardware terdeteksi. Ciri khas KDE-4 di openSUSE 11.1 barangkali fitur yang mengelola segalanya dengan tampilan seperti folder. Bila menginstalasi menggunakan veri DVD, tersedia opsi untuk menggunakan versi KDE 3.5 legacy dari generasi sebelumnya.

openSUSE 11.1 – GNOME
openSUSE 11.1 dengan lingkungan desktop GNOME menggunakan versi 2.24 yang dirilis bulan September lalu dengan sejumlah fitur yang ditingkatkan seperti untuk Empathy instant messaging client dan Nautilus file manager yang mendukung tab untuk file browsing dan tampilan yang lebih kompak.
Kecuali memperbaharui semua software, perubahan terpenting bila dibandingkan versi sebelumnya adalah pemisahan yang ketat terhadap OSS dan NonOSS. DVD-Instalasi OpenSuse 11.1 kini hanya atau murni mengandung OSS atau software bebas, sementara aplikasi nonFree atau NonOSS termasuk Codecs dan driver yang diperlukan untuk menjalankan media dan hardware tertentu, kini dikemas secara terpisah (CD-BiArch-NonOSS untuk 32bit + 64bit dan CD-PPC-NonOSS untuk PowerPC) untuk diinstalasi kemudian, bila ia diperlukan. Bersamaan dengan pemisahan tersebut, proses instalasi software NonOSS seperti MP3-Codec atau Flash-Players kini dipermudah.

http://gudanglinux.com/content/view/114/34/