Sekedar info aje…setelah Linux Ubuntu anda terinstall dengan baik, maka anda harus mengkonfigurasi Linux anda untuk pertama kalinya. Linux itu sangat tergantung dengan koneksi internet yang tersedia, karena sebagaimana kita ketahui, semua aplikasi dan update dari Linux itu tersedia secara online, mungkin hal ini disebabkan karena hampir setiap harinya Linux itu mengalami update secara online. Ingat Linux itu adalah Open Source

Perlu anda ketahui, untuk Ubuntu berarti anda telah menginstall Desktop Manager GNOME. Desktop Manager adalah tampilan desktop untuk Linux Ubuntu itu sendiri. Linux memiliki banyak desktop manager, diantaranya adalah KDE, GNOME, dan XCFE.

1. Masuk ke Linux anda menggunakan username dan password anda.

2. Apabila sudah masuk, edit lah IP Address network anda, untuk lebih jelasnya lihat Screen Shot yang telah disediakan.

3. Sebagai contoh kita akan menggunakan IP Address dan proxy Universitas Indonesia (152.118.24.10 port 8080). Jangan lupa untuk by pass proxy untuk, web lokal, ingat ini termasuk dengan kambing, sebagai repos

4. Setelah ter-set dengan baik, masuklah ke terminal (GNOME)

5. Ketik perintah >sudo gedit /etc/apt/source.list, masukkan password anda apabila diminta memasukkan password.

6. Edit source.list yang ada menjadi…

deb http://kambing.vlsm.org/ubuntu feisty main restricted multiverse universe

Lalu berikan komen pada list yang lain dengan menggunakan tanda # di depannya..misalkan</p>

#deb http://ubuntu.org.id/ubuntu feisty main restricted multiverse universe

7.  Setelah melakukan edit dari source.list, maka save lah file tersebut lalu keluar, dan masuk kembali ke terminal yang telah kita buka tadi.

8. Ketik >sudo apt-get update, untuk meng-update nya

9. Saat ini kita sudah terhubung langsung ke rpositori kambing milik Universitas Indonesia</p>

10.  Proses instalasi dapat dilakukan dengan menggunakan terminal hal yang paling standar atau menggunakan GUI (Graphical User Interface) yang sekarang ini paling banyak digunakan oleh pengguna pemula Linux.

11.  Sebelum kita melakukan instalasi aplikasi, perhatikan bahwa site kambing.vlsm.org sudah benar2 tidak menggunakan proxy lagi.

12.  Kemudian ketik perintah >sudo apt-get upgrade untuk meng-update Linux anda sekarang ini menjadi yang Linux dengan upgrade-an terbaru yang terdapat di repo Kambing.

13.  Proses ini agak makan waktu, apabila installer Linux Ubuntu yang anda gunakan masih yang lama.

14.  Selamat mencoba…!!