Ada beberapa keunggulan Linux yang patut anda pertimbangkan, yaitu

1. Dari segi harga, Linux merupakan yang termurah. Anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 50.000,- (tergantung harga CD di pasaran jakarta) dan itupun hanya ongkos mencopy CD karena sifatnya “open source”. Dibandingkan dengan Windows NT dibutuhkan sekitar $ 212,95/user belum lagi biaya instalasi jika ingin mail server, web server, dan proxy server.;)
2. Kestabilan sistem yang sangat baik bila dibandingkan dengan sistem operasi yang populer seperti Windows ‘95, ‘98, NT. Uptime (waktu server hidup tanpa diboot) lebih lama daripada sistem tersebut. Bahkan ada user yang tidak pernah membootnya lebih dari 6 bulan.
3. Source code yang tersedia sehingga dapat dibuka dan dipelajari serta mendebugnya. Berbeda sekali dengan sistem operasi lainnya seperti Windows yang source codenya terenkripsi.
4. Aplikasi yang tersedia banyak dan dapat diperoleh secara gratis dan legal. Sedangkan Windows aplikasi yang tersedia sangat banyak dan tidak gratis (hanya beberapa saja yang gratis).:)
5. Dukungan perusahaan komersial seperti : Oracle, Netscape, IBM, Corel, Sun, Informix dan Adaptec.
6. Dalam kecepatan dan perangkat keras yang dibutuhkan pun Windows NT kalah dengan Linux. Sebagai perbandingan untuk menjalankan Windows NT Server dibutuhkan minimal Pentium dengan 32 MB, sedang dengan service sama Linux hanya butuh Pentium 99 dengan 16 MB.;)

Sumber : emboech.wordpress.com