Linux

Sebelum kita menggunakan linux, lebih baik kita mengenal apa itu linux. Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer.

Sejarah linux

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. di Univ. Helsinki berumur 21 tahun, Beliau berpikiran untuk membuat Minix yang gratis dan dapat diedit,  dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.

Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991 yang kemudian dia posting hasilnya ke dalam milisnya comp.os.minix, dengan maksud menawarkan source code dari apa yang telah dibuatnya serta mengundang para programmer lain berpartisipasi dalam proyeknya tersebut. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linux mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Kini Linux telah mendapat sokongan dari perusahaan besar seperti IBM, dan Hewlett-Packarddan perusahaan besar lain. Para penganalisa menujukan kejayaannya ini disebabkan karena Linus tidak bergantung kepada vendor (vendor-independence), biaya perkakasan yang rendah, dan kepantasannya berbanding versi UNIX proprietari, serta faktor keselamatan dan kestabilannya berbanding dengan Microsoft Windows.

Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan programprogram lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro Linux, diantaranya :

– PClinuxOS

PCLinuxOS juga suatu distribusi GNU/Linux, itu berdasar pada kernel Linux menggunakan GNU toolset.

– Debian

– Redhat

RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

– Caldera

Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac)

– Suse

SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.

– Slackware

Slackware adalah distribusi linux yang pertama yang merupakan distribusi linux yang murni, kalo ga salah linux tertua n hampir menyamai Unix dalam penggunaannya.

– Ubuntu

-Turbo

– Corel

Kelebihan linux yaitu :

1. Tidak memerlukan perangkat keras yang mahal

2. Linux merupakan operasi Full 32-bitt

3. Preemptive multitasking

4. Multiuser

5. Multiconsole

6. Linux memiliki grafis antarmuka (GUI)

7. Tidak perlu melakukan defragment

8. L inux relatif stabil “Kata temen yg menggunakan Slackware”

9. Linux memliki keamanan yg sangat baik

10 .Penggunaan Linux hanya memerlukan komponen komputer yg kecil

11. Linux memiliki aplikasi yg lengkap dan terus dikembangkan

Kelemahan linux yaitu :

1. Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya

2. Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya.

Materi ini diperoleh dari  :

http://otakkacau.co.cc/2008/07/11/jenis-jenis-distro-kelebihan-kekurangan-linux/

http://www.forumsains.com/teknologi-informasi/kelebihan-linux/

http://nifeto.blogspot.com/2007/05/sejarah-linux-linux-atau-gnulinux.html

http://liyantanto.wordpress.com/2009/02/25/sejarah-linux/

http://ugos.uns.ac.id/?p=20=1

http://nurimanz.wordpress.com/2007/03/29/baru/