Sejak perta diciptakan oleh Linus Torvalde pada September 1991, Linux disebarluaskan dengan konsep kebersamaan dan persabahatan. Konsep berbagi ilimu, pengalaman, dan keterampilan ini harus dipelihara secara baik oleh semua orang yang terlibat dalam penggunaan Linux hingga saat ini.

Orang-orang yang berjasa dalam pengembangan Linux itu tuidak hanya yang jago pemrograman, jaringan atau design grafis saja, tapi juga pengguna biasa seperti saya dan Anda. Menggunakan Linux, menceritakan ke teman, menjawab pertanyaan di milis, melaporkan kelemahan, apalagi membantu perbaikan, merupakan dukungan nyata Anda terhadap pengembangan Linux.

Linux berkembang pesat seperti sekarang ini, karena semua pihak ikut memiliki, sesuai dengan lisensinya yang bebas dan atau merdeka. Semua orang yang mengembangkan atau sekadar menggunakan Linux di dunia teknologi informasi dunia . Nama salah satu distro Linux besar dan popular saat ini., Ubuntu, memiliki makna yang sejalan dengan itu, yakni rasa perikemanusiaan terhadap sesama.

Para pengembang Linux dan Free/Open Source Software (FOSS) lainnya tidak memelihara ras kebencian atau permusuhan terhadap pengambang system operasi lain. Ini dibuktikan dengan banyaknya dukungan Linux dan apklikasi FOSS terhadap system operasi dan aplikasi lain. Sekadar contoh, Linux dapat mengakses semua system file yang ada seperti VFAT dan NTFS, meskipun hal yang sama belum terjadi sebaliknya. MS windows saat ini secara alami belum mendukung system file EXT3 yang digunakan kebanyakan Linux.

Contoh lain, OpenOffice.org saat ini mendukung semua format dokumen standar de facto atau de jure yang digunakan MSOffice, yakni .doc, .xls, dan .ppt, meskipun belum pula terjadi sebaliknya. MS Office belum “mau” membuka .odt, .ods, dan .odp yang telah diakui sebagai standar dunia melalui ISO/IEC 26300. Aplikasi-aplikasi khusus juga telah dikembangkan di Linux untuk menggantikan aplikasi di Windows atau untuk mengakses desktop Windows, Kmy-Money dan Rdesktop yang ulasannya dapat Anda ikuti di edisi ini.

Memang banyak factor persaingan bisnis, terutama dari para vendor software proprieatary, yang menyebabkan kebersamaan ini belum indah. Namun, persahabatan dunia tetap harus dijaga, salah satunya melalui kontribusi kita dengan menggunakan Linux dan FOSS.