Nyaman Dengan Open Source Ada banyak pilihan jalan untuk menuju suatu tujuan. Taukah anda jalan yang mengunakan open source jauh lebih indah? Inilah beberapa keindahan bersama open source. Jalan anda tak lagi berbelit-belit. Jalan bersama open source merupakan jalan lurus yang aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa keindahan jalan bersama open source yang diuraikan dalam berbagai pokok untuk menunjukkan beberapa perbedaan warna jalan open source dibanding dengan jalan lainnya.

• Penghematan untuk Biaya Awal yang Anda Keluarkan Tanpa perlu diragukan lagi, sistem open source lebih murah dari pada sistem lainnya yang telah anda kenal sebelumnya. Open source adalah sistem operasi yang free atau lebih jelasnya gratis tanpa biaya. Walaupun gratis SO open source seperti LINUX ini berlisensi bukan bajakan. Jadi kita cukup memesan kepada pihak yang menyediakan dan nanti pihak terseut akan mengirimkannya.

• Pemeliharaan Perangkat lunak open source termasuk sistem operasi nya seringkali dapat lebih mudah untuk dipelihara (maintain) dan mampu untuk beroperaasi dalam jangka waktu yang relatif panjang daripada perangkat lunak atau sistem operasi lainnya

• Pelatihan hanya sedikit diperlukan pelatihan atau bahkan tidak diperlukan sama sekali. Kalau dibandingkan dengan sistem operasi ataupun perangkat lunak berpemilik/berbayar bisa diperkirakan mungkin tidak ada uang tersisa untuk pelatihan karena uang habis untuk beberapa upgrade yang harganya relatif mahal. Jadi kita dengan mudah belajar sendiri kare open souce adalah sistem operasi yang mudah dan semua orang dapat dan bisa mengembangkannya karena SO ini bersifat terbuka.

• Lisensi / Perijinan Masalah perijinan dan lisensi ini sangat penting dalam sistem kepemilikan dimana pelanggan selamanya terkait dengan suatu lisensi yang biasanya juga terkait dengan masalah portabilitas. Open Souce berlisensi di bawah naungan GNU Public License. Jadi Open Souce bebas dari pembajakan yang marak terjadi dan Open Source sudah teruji.

• Resiko Kerusakan yang Kecil Karena sistem open source lebih stabil, maka secara otomatis uptime-nya jauh lebih besar daripada sistem berpemilik. Open source juga tahan dari situasi seperti sistem crash atau hang yang menyebabkan kinerja anda menjadi terganggu. Kalau boleh disimpulkan jumlah crash dari sistem open source ini tidak sesering yang dialami di sistem berpemilik. Waktu uptime yang lebih tinggi berarti juga mempertinggi produktifitas dan Open source aman dari virus dan hacking. Jadi jangan takut atau ragu terhadap kualitan Sistem Operasi Open Source karena fasilitas yang di berikan SO Open Source sangatlah bagus seperti Sistem Operasi lainnya yag berpemilik.