LINUX

Linux adalah sistem operasi yang menyerupai sistem operasi Unix. Linux merupakan turunan dari Minix yaitu sebuah sistem operasi yang lebih kecil turunyan dari Unix. Linux di ciptakan oleh Linus B. Torvalds pada tahun 1991.

Pada awalnya Linux digunakan dalam mode Teks, dalam artian setiap perintah harus kita ketikkan melalui terminal konsole. Namun saat ini para developer Linux telah mengubah tampilan Linux dengan membuat antarmuka berbasis grafis(GUI). Sehinggan muncullah banyak windows manager seperti KDE, Gnome, Xfce, dll.

Di Linux kita mengenal istilah Distro. Distro adalah istilah untuk menyebut distribusi Linux. Karena sifatnya yang bebas dan kodenya yang terbuka, hal itu memungkinkan seseorang, komunitas pengembang, atau perusahaan membuat Linux versi mereka sendiri.

Linux menggunakan lisensi GPL (General Public License) dimana masyarakat dapat menggunakan Linux secara bebas dan mendapatkannya secara bebas pula. Di mana hal ini diatur oleh FSF (Free Software Foundation) yang mengeluarkan lisensi GPL.

Bagi seorang pemula seperti saya contohnya. Linux merupakan hal yang sulit untuk kita gunakan, karena selama ini kita selalu menggunakan windows, yang entah windows itu asli atau bajakan. Di sisi lain kita juga bingung untuk memakai Linux karena terdapat banyak Distro yang ada pa da Linux dan setiap Distri memiliki keunggulan – keunggulan tersendiri.

Salah satu yang menjadi ke khawatiran kita di windows adalah Virus, terdapat banyak sekali virus yang terdapat di windows. Lalu bagaimana dengan di Linux? Apakah di Linux juga terdapat Virus? Ok. Di Linux anda tidak akan banyak mendengar soal Virus, hal itu dikarenakan sistem Linux adalah turunan dari Unix yang terkenal stabil yang tidak mengijinkan user selain user yang memiliki akses Root yang dapat mengubah atau melakukan administrasi sistem. Itu mengapa kita tidak akan banyak mendengar tentang Virus di Linux.

Seperti halnya Windows, Linux juga disertai dengan banyak program di dalamnya. Di Linux juga terdapat banyak program, hampir dari seluruh kategoti program ada di linux seperti kategori Office, Multimedia, Internet, Games, Utility, dll. Sehingga anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi melainkan juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari – hari di Linux.

Alasan menggunakan linux

1. Kita bisa mempelajari isi sebuah program karena sebagian besar (tidaksemuanya) program Linux merupakan open source.

2. Kita bisa mendapatkan gratis (diluar biaya internet), kita bisa men-download file iso yang kemudian bisa kita ekstrak menjadi satu CD ROM atau malah DVD ROM. Pada distro Ubuntu, kita malah bisa minta kirim dari pembuatnya.

3. Jangan takut untuk kekurangan aplikasi sebagai pengganti aplikasi dari sistem operasi lain. Coba buka http://www.linuxrsp.ru/win-lin-soft/table-eng.html Anda akan melihat banyak sekali program yang sejenis yang bisa Anda pakai di Linux.

4. Didukung oleh komunitas. Jika Anda mau mencari di internet, banyak sekali mailing list dan forum yang berbicara dan berdiskusi tentang linux, kelebihan, kekurangan, kesulitan, kenyamanan dan lain sebagainya, akan dibicarakan disitu. Disamping itu juga website-website yang memberikan solusi tentang masalah Anda juga tersedia banyak.

5. Bebas Virus. Linux itu merupakan like-Unix, dan Unix itu bebas virus. Mengapa bebas virus ? Karena didalam sistem operasi Unix, setiapkali akan mengakses sistem, mengubah, menghapus, menambah bagian dari sistem, selalu diminta konfirmasi  password, sedangkan virus tidak tahu password sistem kecuali pemilik sistem tersebut. Jadi Linux bebas virus.

6. Linux bisa diinstal di mesin mana saja. Kalau Windows XP atau Windows Vista bila ingin diinstal disuatu mesin (komputer) maka akan mensyaratkat kondisi tertentu, misalnya harddisk minimal sekian, memory minimal sekian, procesor minimal sekian. Tetapi dengan Linux, kita bisa menyesuaikan dengan mesin yang akan diinstal. Kalau mesinnya sudah tua, maka yang diinstal adalah Linux yang kecil dan ringan, yang mempunyai kebutuhan dasar saja tetapi tetap mempunyai keunggulan sebagai sistem operasi Linux. Jika mesin tersebut mempunyai spesifikasi tinggi,bisa diinstal Linux yang berat dan mempunyai banyak keunggulan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menginstal linux di sebuah mesin.

7. Linux mempunyai banyak pilihan. Kita bisa memilih Linux menurut selera kita, banyak sekali distro (perusahaan yang menyediakan sistem operasi Linux) yang ada dimuka bumi ini. Kita tinggal memilih sesuai selera kita. Dan kita juga bisa memilih Linux menurut keperluan kita, misalnya kita bisa memilih Linux hanya untuk dipakai untuk keamanan sebuah sistem jaringan komputer.

8. Tampilan Linux tidak lagi mengecewakan. Tampilannya malah sudah mengalahkan windows XP dan hampir menyamai Mac OS X. Coba lihat di http://www.dailymotion.com/video/xb7sz_mandriva-linux-2007-3d-desktop dan http://www.dailymotion.com/usermotus/video/xqhfz_linux-en-3d-beryl , Anda akan meilhat betapa canggihnya Linux sekarang ini.

9. Komputer Linux selalu bisa difungsikan sebagai server, karena Linux dulu diciptakan dan didesain untuk server, makanya kalau kita menginstal Linux,  maka kita akan menginstal sebuah server. Jadi kita bisa belajar server secara gratis, tanpa perlu membeli server yang berlisensi.

10. Linux itu stabil dan cepat dengan spesifikasi yang sama. Linux itu lebih stabil dan cepat dibandingkan dengan sistem operasi buatan Microsoft, jadi kita gak perlu takut komputer kita tiba-tiba crash. Mengapa begitu, karena di Linux kita tidak perlu menginstal antivirus, dan segala program proteksi, yang menyebabkan resource komputer kita menjadi turun. Jadi otomatis komputer kita yang terinstal linux akan lebih cepat.

Perbandingan windows dan linux

Sekuriti dan Virus
Masalah utama yang sering terjadi di Windows adalah Virus dan Spyware. Dari perkembangan IT sampai saat ini, permasalahan ini bukan semakin mengecil, tetapi malah semakin membesar, bahkan semakin melebar. Hal ini dapat terjadi dikarenakan masih ada banyak lubang keamanan(security) di Windows itu sendiri sehingga memudahkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk bereksploitasi di dalamnya.

Linux diturunkan dari sistem operasi yang tidak asing lagi, yaitu Unix. Linux ini pun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki tingkat sekuriti yang lebih kuat. Itu sebabnya tidak begitu banyak virus di linux dan apabila terdapat virus pun tidak dapat berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu untuk membuat kerusakan yang besar.

Spyware
Spyware merupakan suatu masalah yang sudah dikenal cukup luas dikalangan pecinta Windows dan biasanya program spyware itu mengamati, menumpulkan dan mengirimkan data Anda ke suatu server. Dalam hal yang positif, program ini digunakan untuk keperluan marekting. Namun tidak terlepas dari hal-hal yang negatif yang mempergunakan program ini untuk mencuri identitas, kartu kredit dll.

Tidak begitu banyak program spyware yang menginfeksi Linux, mengingat cara kerja yang dilakukan oleh Linux bisa dibilang lebih susah untuk ditembus.

Defrag
Di Windows, Anda mungkin sering sekali menemukan masalah dalam menurunnya kecepatan kinerja Windows. Salah satu penyebabnya adalah file-file di hardisk yang sudah tidak dapat tersusun rapi. Oleh karena itu, untuk menata file-file yang sudah tidak rapi lagi Anda disarankan untuk menggunakan program Defrag.

Beda dengan Linux, Anda tidak akan menemukan program untuk men-defrag hardisk karena Linux tidak memerlukan defragment pada hardisk dikarenakan sistem akan menangani semuanya secara otomatis. Adapun jika hardisk Anda sudah terisi hampir 99%, maka Anda akan mendapatkan masalah dalam kecepatan, disarankan Anda memiliki ruang yang cukup supaya Linux dapat menangani sistemnya dan Anda tidak perlu menemui masalah defragmentasi.

Karya : YUKI SATRIO WIBOWO