tinggalkan windows sambut Ubuntu
untuk apa bayar dengan harga mahal tapi menjadi sarang virus. Hal inilah yang kita tanyakan pada operating system windows.
Kita tau bahwa untuk menggunakan windows kita harus mengeluarkan isi dompet kita yang tidak sedikit, bahkan bisa dibilang mahal untuk kita.
Karena hal itu, sekarang banyak bermunculan mentahan-mentahan windows bajakan yang beredar di pasar. Hal ini merupakan suatu tindak kejahatan.
Tapi buat kita harus gimana lagi??? Operating system yang kita kenal dan kita bisa hanya windows saja. Dan windows jga banyak di gunakan di perusahaan-perusahaan besar sebagai operating system computer mereka.
Hal ini yang membuat kita cenderung memilih mengunakan windows dibanding operting system yang lain.
Tapi taukah kita?? Bahwa kita bisa menhemat ratusan juta bila kita menggunakan operating system yang lain.
Sebagai contoh sekarang kepolisian prancis mulai memakai operating system dan software-software opensource pada tahun 2005. mereka melakukan terobosan ini saat vista pertama kali diliris, mereka memutuskan untuk berpindah ke Ubuntu ( merupakan operating system pada LiNuX yang opensource) dan juga mereka menggunakan firefox dan thunderbird. sejak setelah mereka mulai menggunakan Ubuntu dan software opensoruce lainnya mereka berhasil mengehemat 50 juta euro dari biaya perizinan dan biaya maintenance pada windows. Dan sebanyak 90.000 tempat kerja kepolisian prancis siap menyambut kehadiran operating system Ubuntu.

Bayangkan jika Indonesia juga dapat menerapkan hal tersebut???? Selain menghemat biaya yang sangat besar juga bisa menjauhkan kita dari tindakan criminal jika menggunakan operating system bajakan.

Karya : RIDWAN SALIM