Toni dan temannya sedang asik berinternetan di sebuah tempat makan yang memiliki fasilitas hotspot pada jam makan siang. Tiba-tiba temannya bertanya kepada Toni, “Ton, daripada lu pake Windows yang bajakan kenapa lo gak pake Linux aja?”. lalu Toni pun menjawab,”Sebenernya gue pengen banget pake Linux cuma aplikasi-aplikasi yang gue gunakan untuk kerja kebanyak berbasis Windows alhasil gue urungkan niat untuk migrasi ke Linux”.

Alasan Toni mungkin juga menjadi alasan bagi kebanyakan orang untuk mengurungkan niat bermigrasi ke Linux. Walaupun di Linux tersedia aplikasi pengganti untuk aplikasi di Windows, seperti misalnya Open Office sebagai pengganti Ms. Office dan Gimp sebagai pengganti Photoshop namun aplikasi-aplikasi tersebut bisa dibilang memiliki kemampuan yang sangat berbeda.

Masalah di atas sebenarnya bisa diatasi mengingat Linux adalah sistem operasi yang berbasis Open Source yang memungkinkan orang untuk melakukan perbaikan dan pengembangan. Salah satu pemecahannya adalah dengan menggunakan aplikasi CrossOver Linux.

CrossOver Linux adalah sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai aplikasi populer yang berbasis Windows di linux, seperti Microsoft Office, Lotus Note, Flash MX, Adobe Photoshop dan lain-lain.

CrossOver Linux allows you to run many popular office productivity software applications on Linux, such as Microsoft Office, Lotus Notes, Microsoft Project and Visio, graphics applications like Macromedia Dreamweaver MX, Flash MX, and Adobe Photoshop, and many more.
http://www.codeweavers.com/products/

Software yang merupakan salah satu produk buatan CodeWeavers ini diklaim mampu berjalan di berbagai distro linux, seperti Ubuntu, Red Hat, Novell, SUSE, dan lain lain. Akan tetapi, software yang dapat di download di http://www.codeweavers.com/products/cxlinux/download_trial/ ini bukanlah software yang bisa didapatkan secara gratis. Kita perlu merogoh kocek sebesar $39.95 untuk versi standard dan $69.95 untuk versi Pro.

Instalasi CrossOver Linux

Jika Anda ingin mencoba software ini, Anda dapat mencoba versi trial-nya yang berlaku selama 30 hari. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan instalasi CrossOver dengan menggunakan Linux Ubuntu versi 9.04.

  • Klik ganda pada file tersebut untuk melakukan instalasi.
  • Maka akan muncul jendela License Grant. Pilih Ok.
  • Tentukan tempat penyimpanan file hasil instalasi pada bagian Install Path pada jendela CrossOver Linux Standard Setup lalu pilih Begin Install.

  • Selanjutnya proses instalasi akan dilaksanakan.
  • Jika instalasi telah selesai maka akan muncul jendela informasi bahwa proses instalasi telah berhasil dikerjakan. Pada jendela ini Anda dapat langsung melakukan instalasi software Windows dengan memilih Install Windows Software ataupun keluar dengan memilih Exit.

Instalasi Software Windows

Untuk mulai melakukan instalasi software Windows di CrossOver langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pilih Application > CrossOver > Install Windows Software.
  • Pada jendela wizard akan ditampilkan daftar aplikasi Windows yang dapat diinstal melalui CrossOver. Pilih software yang akan diinstal, misal Photoshop 7.0. kemudian pilih Next>>.

  • Pada jendela berikutnya tentukan lokasi tempat file setup Photoshop 7.0 yang berformatkan .exe berada. Jika file-nya berada di CD maka pilih CD-ROM atau jika di folder lain pilih Other installer file lalu pilih Browse. Setelah itu pilih Next>>.

  • Selanjutnya proses instalasi pun mulai dikerjakan dengan menampilkan jendela wizard instalasi milik photoshop 7.0. dalam hal ini Anda akan melakukan langkah-langkah instalasi untuk photoshop 7.0.

  • Jika aplikasi telah selesai dilaksanakan Anda dapat menjalankan photoshop melalui bagian Application.

Meng-uninstall Software Windows

Untuk melakukan uninstall aplikasi Windows di linux pun juga terbilang mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pilih Apllicaption > CrossOver > Configuration.
  • Pada jendela yang muncul pilih tab Add/Remove. Lalu pilih aplikasi yang akan di-uninstall.
  • Selanjutnya pilih Repair/Remove yang terdapat di bagian bawah. Maka CrossOver pun akan segera melakukan uninstall.

  • Jika telah selesai pilih Exit untuk keluar.

Setiap masalah pasti ada jalan pemecahan masalahnya begitu pun dengan masalah di atas. Untuk bermigrasi ke Linux butuh sebuah proses. Diharapkan dengan menggunakan software ini kita dapat perlahan-lahan berpindah dari aplikasi berbasis windows ke aplikasi yang berbasis Open Source, yaitu Linux.

Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda semua, terima kasih.

Karya : Taufan Erfiyanto