Ubuntu rilis terbaru ada di sini, versi 9.10 “Karmic Koala”, dan dengan sekumpulan pengguna baru.nya Sepertinya setiap rilis baru membawa kolam pengadopsi baru, dan dengan itu banyak pertanyaan baru.  Dengan posting ini saya pikir saya akan menguraikan proses sederhana untuk menambahkan semua “extra” Goodies ke instalasi anda.

Ubuntu Restricted Extras
Ubuntu memiliki metode yang disederhanakan untuk menginstal codec dan plugin lainnya dengan menangkap yang paling populer dalam satu meta-paket. Paket ini, ubuntu-restricted-extras, menyediakan daftar paket yang akan menyelesaikan sebagian besar kebutuhan multimedia Anda. Dari deskripsi paket:

“Instalasi paket ini akan menarik dukungan untuk MP3 playback dan decoding, dukungan untuk berbagai format audio (GStreamer plugin), Microsoft font, Java runtime environment, plugin Flash, Lame (untuk menciptakan file audio terkompresi), dan DVD playback.”

Untuk menginstal paket ini, masukkan perintah berikut di Terminal (Applications> Accessories> Terminal) atau cukup klik link di bawah ini:

sudo aptitude install ubuntu-restricted-extras

Codec tambahan
Jika Anda ingin lebih codec dan dukungan tambahan untuk playback DVD dienkripsi Anda perlu melangkah lebih jauh. Anda harus mengambil keuntungan dari Medibuntu repositori, yang berfungsi penuh, repositori dikelola oleh komunitas yang mengkhususkan diri dalam Multimedia, Hiburan dan Gangguan dalam Ubuntu.

Menambahkan Medibuntu
Beberapa perintah berikut ini akan menyederhanakan proses menambahkan repositori dan Medibuntu menandatanganinya mengimpor kunci:

cd /etc/apt/sources.list.d/
sudo wget http://www.medibuntu.org/sources.list.d/$(lsb_release -cs).list
sudo apt-get -q update
sudo apt-get --yes -q --allow-unauthenticated install medibuntu-keyring
sudo apt-get -q update

Instalasi Paket Medibuntu
Setelah ini selesai anda akan dapat menginstal paket tambahan. Paket yang paling populer dari Medibuntu adalah w32codecs (w64codecs untuk instalasi 64bit) dan libdvdcss2 untuk dukungan playback DVD dienkripsi. Untuk menginstal berkas ini hanya menggunakan perintah di bawah ini di dalam terminal, atau klik link.

Playback DVD

sudo aptitude install libdvdcss2

Windows Media Codec – 32bit

sudo aptitude install w32codecs

Windows Media Codec – 64bit

sudo aptitude install w64codecs

Saya berharap paket ini dapat menyediakan fungsi multimedia yang Anda cari.  Anda mungkin juga ingin memeriksa VLC media paket tambahan dukungan pemutaran. Enjoy!

Referensi : http://ubuntu-tutorials.com/

Karya : Afriandi Riaharyanto